Kamis, 07 Desember 2017

Apa Itu HTML ?

Apa itu HTML sebenarnya






        Ya kali ini adalah postingan tentang HTML, kalian pasti tidak asing dengan kata HTML. Setiap kali anda browsing pasti anda sering menjupainya di akhir link. Apa Sih itu HTML ? kok sering banget lihat tulisan ini ?! Pasti anda juga penasaran kan, Saya dulu juga penasaran pada saat pertama internetan , maklum dulu belum tau ☺.

Nah Sekarang kita mulai penjelasan Nya. ☝

Pengenalan Awal

         HTML, Itu adalah singkatan  dari Hypertext Markup Language. nah sekarang kalian tahu HTML adalah sebuah singkatan. HTML adalah salah satu bahasa pemrograman yang sering dipakai oleh para programer web untuk menampilkan sebuah website. 

         HTML merupakan sebuah file berisi text yang memliki ekstensi html/htm dan berformat ASCII , contohnya adalah ketika anda mendownload sebuah halaman websites maka disitu akan tersimpan file berekstensi html ( Contoh.html / Contoh.htm  ) jika dibuka maka halaman websites yang tadi anda download akan muncul dibrowser anda tanpa koneksi ke internet. Dalam dunia programing saat ini, HTML berkembang dengan banyak versi contoh HTML 4.01, HTML 3.2, HTML 5, dan yang paling baru adalah XHTML. 

        HTML pertama dikembangkan pada tahun 1980 oleh Tim Banners-Lee dan Robert Cailiau, di CERN (organisasi riset nuklir uni-eropa). Penggunaan awal html adalah untuk berbagi dokumen antara ilmuan di CERN (disini juga awal mula WWW (World Wide Web) yang dikembangkan oleh CERN dimulai). 
HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C).


(Kiri Tim Banners-Lee, Kiri Robert Cailia )

      Dokumen HTML mirip dengan dokumen tulisan biasa, hanya dalam dokumen ini sebuah tulisan bisa memuat instruksi yang ditandai dengan kode atau lebih dikenal dengan TAG tertentu.
HTML lebih menekankan pada penggambaran komponen-komponen struktur dan format di dalam halaman web daripada menentukan penampilannya. Sedangkan penjelajah web (Browser) digunakan untuk menginterpretasikan (menafsirkan/menjabarkan) susunan halaman ke gaya built-in penjelajah web dengan menggunakan jenis tulisan, tab, warna, garis, dan perataan text yang dikehendaki ke komputer yang menampilkan halaman web. Salah satu hal Penting tentang eksistensi HTML adalah tersedianya Lingua franca (bahasa Komunikasi) antar komputer dengan kemampuan berbeda. Pengguna Macintosh (Apple kroak) tidak dapat melihat tampilan yang sama sebagaimana tampilan yang terlihat dalam pc berbasis Windows, sebaliknya juga.

Kegunaan

         Jadi dasarnya HTML Digunakan sebagai media untuk pembuatan sebuah web, dimana HTML berperan sebagai peramban untuk menafsirkan dan menulis teks, gambar dan bahan lainnya ke dalam halaman web secara visual maupun suara.

Contoh HTML

        Dalam pembuatan html kita bisa menggunakan beberapa aplikasi yang tersedia seperti Notepad, Editplus, Dreamweaver dan masih banyak apalikasi serupa yang sama keggunaanya. Sebenaranya dalam pembuatan HTML banayk aspek yang harus dipahami serperti tag, atribut, dll. Karena dasar saya mencontohkan yang mudah dulu.

Untuk pembuatan html mari kita coba :
 
  • Pertama buka notepad dulu (disini saya pakai notepad karena masih dasar, untuk buka notepad bisa cari di aplikasi bawaan windows / pencet windows+R lalu ketik notepad)

  • lalu ketik terserah anda seperti di bawah


  • Lalu save file (pencet ctrl+S) pilih save as lalu tiru foto berikut

 (pastikan pilih Save as type "all file" lalu beri nama dan ekstensi html "****.html" lalu save)

  • Setelah itu buka file yang kamu buat tadi


(pastikan default program untuk file tipe html adalah browser anda, kalau saya pakai google chrome. bisa menggunakan browser lain seperti mozila, internet explorer dll. )

  • Jeng jeng kamu telah membuat web sederhana, mudah bukan


Kok jadi nyambung semua ? Karena pada pembuatan html tadi tidak memakai tag (paragraf)
untuk enter tadi. Jadi dalam pembuatan html banyak aspek harus diperhatikan, kesalahan dalam mengetik di HTML biasanya dapat membuat error atau tidak sesuai dengan keinginan si pembuat.

Bagaimana tentang penjalasan HTML tadi nambah ilmukan, apa masih pingin lagi tentang HTML , Sebenaranya masih banyak tentang HTML. nanti saya akan buat di post selanjutnya  (kalo sempat :v )
Sekian Dari Saya ,, daa sampai jumpa di postingan selanjutnya ✌

Semua Berawal dari yang kecil ☺☺


Bagikan

Jangan lewatkan

Apa Itu HTML ?
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

DILARANG KERAS !! SARA,SPAM, Berbicara KOTOR, Ninggal LINK AKTIF dsb
Semisal mau copas cantumkan sumbernya
THX (admin)