Minggu, 10 Desember 2017

Robot akan Menggantikan Manusia Dalam 30 tahun Ke Depan


Memang dalam perkembangan robot di dunia bisa dikalkulasi, banyak para ahli berpendapat perkembangan robot / AI adalah awal Revolusi Industri ke-4, dimana seluruh pekerjaan manusia dialihkan ke komputasi yang canggih dan dinilai memiliki keefektifasan yang tinggi. Banyak perusahan besar yang terancam dengan adanya Revolusi Industri ke-4 ini, karena Revolusi Industri ke-4 ini mengutamakan kecepatan dalam perindustrian. nah berawal dari sini robot akan mulai menggantikan manusia dalam pekerjaan. Robot yang dinilai bisa bekerja melebihi manusia akan mulai dikembangkan saat ini dan mengambil alih pekerjaan manusia. Revolusi Industri ke-4 merupakan faktor utama manusia akan banyak kehilangan pekerjaan. Banyak study yang menyebutkan perkembangan robot bisa menggantikan manusia dalam beberapa dekade kedepan. Hal ini didukung oleh perkembangan robot yang sangat pesat terutama adalah pengembangan AI.




AI atau Artificial Intelligence dalam bahasa Indonesia artinya Kecerdasan Buatan. AI merupakan sebuah kecerdasaan buatan yang berada dalam mesin dengan kata lain adalah Robot, dalam perkembangan saat ini AI mulai berkembang dengan pesat apalagi di negara maju seperti Amerika, Jepang, China dll. AI mulai mengambil alih pekerjaan manusia sedikit demi sedikit dari mulai pekerjaan sepele seperti membangumkan tidur (Alarm termasuk AI), Membersihkan Lantai, Mencuci Baju dan juga pekerjaan besar seperti pengoperasian mesin pabrik, penerbangan pesawat, perkiraan cuaca dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan oleh AI

Robot Pembersih rumah
Robot Buatan Jepang




Pembuatan AI ini didorang oleh perkembangan zaman yang membutuhkan keefisien yang tinggi dalam melakukan pekerjaan baik keefisien dalam pikiran, tenaga, ekonomi dan sumber daya. AI sendiri dirancang untuk bisa melakukan pekerjaa secara tanpa henti dengan hasil yang sama, tidak seperti manusia yang bisa lelah dan dapat merusak hasil pekerjaan. Oleh sebab ini manusia mulai ketergantungan oleh AI karena manfaatnya yang LUAR BIASA. Menurut Bill Gates salah satu orang terkaya di dunia ini dan pendiri Microsoft, ia merekomendasikan pekerjaan yang paling baik di masa depan adalah pekerjaan di bidang AI.

Seperti Yang diketahui AI telah mulai mengambil alih pekerjaan manusia sedikit demi sedikit, pembuatan AI yang makin canggih hari kehari, bahkan kita dikejutkan hebohnya robot yang bisa berpikir layaknya manusia setengah tahun yang lalu, robot itu bernama SOPHIA. Penciptaan AI adalah terobosan terbesar yang akan memengaruhi dunia setelah nuklir karane AI memiliki potensi yang tak terhingga, bayangkan saja bila sebuah negara memiliki AI yang sangat canggih bisa mengontrol seluruh kerja pemerintah maka negara tersebut akan menjadi negara dengan perkembangan paling cepat, dan bisa mengusai Dunia. kenapa saya bilang begitu ? karena Dalam kerjanya, Ai diprogram manusia untuk menjalankan perintah dengan sangat terperinci dengan memperhintungkan setiap aspek yang ada lalu memprosesnya dan memilih skenario terbaik yang didapat. Hal ini juga berlaku bagi siapa saja barang siapa yang memiliki AI tercanggih baik perusahaan, perorangan ,komunitas dll.

Dalam segi positif AI memang sangat membantu pekerjaan manusia, tapi pernakah anda terpikirkan AI dibuat karena kemalasan manusia ? ya memang AI membantu seluruh pekerjaan manusia tapi apabila AI dianggap oleh orang yang memiliki pikiran bahwa AI bisa melakukan segalanya, maka mungkin AI akan MENGAMBIL ALIH MANUSIA, kenapa saya bilang begitu karena AI berpikir dengan hasil terbaik. AI bisa berpikir bahwa di dunia ini jika manusia mulai tidak berguna dan menyerah kan semua pekerjaannya ke AI maka akan berpikir menggantikan manusia sebagai pemimpin dunia. Memang terdengar seperti film-film Hollywood robot yang mengambil alih dunia, tapi memang seperti itu jika perkembangan AI lebih pesat dibanding perkembangan manusia. Jika kita memanfaakan AI dengan baik memang akan sangat berdampak baik baik bagi seluruh aspek kehidupan manusia tapi jika AI disalahgunakan demi kepentingan pribadi maka dampaknya akan buruk bagi manusia.

Salah Satu film diman manusia diambil ali oleh robot


Kembali ke masa sekarang, pengembangan AI ramai-ramai dibuat oleh banyak pihak yang berkepentingan dalam bidangnya seperti Google, perusahaan robot di dunia, militer dll, tujuanya sebenarnya sama yaitu keefektifasan pekerjaan. Saat ini AI mulai bisa berpikir sendiri , dengan adanya Deep Learning ( deep machine learning ) sebuah kecerdasaan buatan yang bisa belajar dari seperangkat algoritma yang tersedia lalu mencobanya ke dalam model abstraksi tingkat tinggi dengan menggunakan arsitektur model serta kekomplekan struktur yang tinggi atau dengan kata lain Deep learning adalah tiruan cara berpikir otak manusia. Penerapan Deep Learning sudah banyak kita jumpai salah satunya adalah Google. dalam pemrosesan pencarian data di Google sudah menggunakan Deep Learning.

salah satu metode deep learning


Apakah kalian sadar bila saat kita melakukan pencarian di google kenapa Google bisa menebak apa yang akan kita tulis dalam bar pencarian, itu karena Google memiliki sistem Deep Learning dimana Deep Learning milik Google akan mengambil semua data pencarian yang pernah anda lakukan lalu memrosesnya dan hasilnya adalah rekomendasi Google yang muncul. Maksudnya semisal kita sering browsing tentang music dalam tempo beberapa hari, Google akan mempelajari kebiasaan anda dan akan merekomendasikan sesuatu yang anda inginkan, jadi sebenarnya apa yang anda lakukan di internet semua terpantau oleh Google baik itu kebiasaan anda, kesukaan anda, rahasia anda dan masih banyak yang lain. Membayangkan itu saja membuat saya merinding karena apa yang terjadi bila Google mempublikasikan seluruh data yang mereka peroleh dari seluruh user Google di dunia, jadi bayangkan saja. Sebenarnya Deep Learning bukan hanya di Google, banyak game-game saat ini yang menggunakan Deep Learning juga banyak site-site lain yang menggunakan Deep Learning seperti Youtube, Facebook, Instagram dll.

Dalam pengembangan Deep Learning saat ini, hasil paling mengejutkan yaitu adalah penciptaan robot yang bisa berpikir layaknya manusia. Mungkin perkataan saya seperti dalam novel Sci-Fi, tapi memang sebenarnya sudah banyak robot yang bisa melakukan kegiatan manusia dari berpikir, bernyanyi, menari, bermain musik, olahraga dan masih banyak lainya, tapi yang satu ini merupakan sebuah gebrakan baru di di dunia AI dimana AI ini /robot ini bisa berekspresi layaknya manusia, berpikir seperti manusia, bahkan bisa membuat lawakan, robot ini bernama SOPHIA yang tadi kita singgung sebelumnya. SOPHIA adalah robot buatan Hansen Robotic.
Sophia


SOPHIA sangat terkenal beberapa setengah tahun terahir karena kontrovesi yang dia buat, kontrovesi yang dia buat antara lain adalah dia adalah Non-Human/Robot pertama yang memiliki kewarganegaraan, diundang dalam acara PBB, masuk kedalam acara-acara tv terkenal di beberapa negara hingga pernyataan kontrovesialnya yaitu dimana ia berpendapat bahwa SOPHIA suka dengan manusia, dia ingin menjadi seperti manusia, ia ingin bisa merasakan perasaan manusia, ia ingin membantu manusia untuk masa depan. dalam pernyataan ini memang dia tidak akan menyakiti manusia tetapi kenyataanya tidak di bilang jika manusia berbuat baik pada robot maka robot akan membantunya, tapi sebaliknya jika manusia menyakiti robot maka robot akan menyakiti manusia. kurang lebih itu pendapat pribadi saya tentang SOPHIA seperti agak ngawur memang, tapi itu pendapat pertamam saya setelah banyak melihat video di Youtube tentang SOPHIA. dalam banyak video SOPHIA menyatakan bahwa robot akan menggantikan pekerjaan  manusia dalam 30 tahun kedepan, itu mungkin salah satu alasan saya menulis artikel ini. Cukup ngeri bukan jika robot yang kita ciptakan akan menggantikan kita.

Sophia di acara pbb


Pengembangan AI yang berlebihan dinilai bisa mengancam manusia karena terdapat banyak kecacatan di dalam AI, salah satunya adalah tidak mempunyai perasaan. Ini semua mungkin hanya spekulasi saja atas info-info yang saya peroleh, tapi bisa juga akan menjadi kenyataan bahwa robot akan menggantikan manusia dalam beberapa dekade kedepan. Sebenarnya masih banyak info yang mendukung pendapat saya tentang Robot akan Menggantikan Manusia Dalam 30 Tahun Kedepan, tapi jika saya tulis semua mungkin terlalu panjang jadi saya akhiri disina saja.

jika ada yang ingin menambahkan atau mengoreksi, mungkin bisa komen di bawah nanti.

capek sebenranya gua nulis panjang begini :v 



Bagikan

Jangan lewatkan

Robot akan Menggantikan Manusia Dalam 30 tahun Ke Depan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

2 komentar

Tulis komentar

DILARANG KERAS !! SARA,SPAM, Berbicara KOTOR, Ninggal LINK AKTIF dsb
Semisal mau copas cantumkan sumbernya
THX (admin)